Minggu, 03 Juni 2012

CANDI MENGENING (HUBUNGAN SITUS, LANSKAP DAN LINGKUNGAN SEKITAR)


 
Letak dan Lingkungan

Candi Yeh Mangening terletak di Banjar Sarasada, Desa Tampaksiring, Kec. Tampaksiring, Kab.Gianyar. Candi Yeh Mangening dibangun pada lembah sungai Pakerisan yang agak dalam dengan tebing-tebingnya yang agak terjal. Candi ini didirikan pada lereng tebing sebelah timur yang merupakan saksi sejarah masa lalu (Bali Kuno, 10-13 M). Tempat Candi Mangening didirikan telah diperhitungkan dengan seksama oleh pendirinya, tidak saja dari segi religi tetapi juga dari keindahan lingkungan. Di Lokasi Candi Mangening ini didirikan Pura, disebut Pura Yeh Mangening. Di sebelah utara dari candi Mangening adalah Tirta Empul, disebelah selatannya terdapat komplek Candi Tebing Gunung Kawi dan disebelah barat terdapat Pura Sakenan, di dalamnya banyak menyimpan arca-arca kuna. Tataguna tanah pada situs Candi Yeh Mangening, ada dimanfaatkan untuk pertanian, perkebunan, pada bagian tebing ditanami berbagai jenis vegetasi yang keras.

b.      Tinggalan Arkeologi
Tinggalan arkeologi yang terdapat di Candi Yeh Mangening adalah sebagai berikut.
1.      Candi
Candi yang ketika ditentukan dalam kondisi tidak utuh, yang tinggal hanya bagian struktur kaki candi saja. Dan hasil penelitian tahun 1982 oleh BP3 Bali. Candi Mangening dapat dipugar kembali seperti ada sekarang ini
2.      Lingga Yoni
Lingga Yoni ditempatkan di ruangan candi sangat disakralkan oleh masyarakat penyungsungnya dan hanya bisa dibuka pada saat upacara (piodalan).
Prasasti yang dikaitkan dengan Candi Mangening adalah prasasti Batuan yang berangka tahun  944 Saka atau 1022 Masehi, menggunakan aksara atau bahasa jawa kuna dan dekeluarkan oleh raja Marakata, (Goris,1954:15). Dalam prasasti ini disebutkan wakil-wakil desa batuan menghadap dan melaporkan kepada raja almarhum yang dicandikan di er wka (yang dimaksud adalah raja Udayana). Penduduk desa Batuan yang ditugaskan memelihara kebun raja almarhum yang terletak di er paku dan menyelenggarakan upacara di kuil Baturan. Menyadari betapa berat tugas itu, maka merekadibebaskan dari pajak-pajak tertentu(Suarbhawa, 2003:13). Sehubungan dengan er wka, ada yang memperkirakan adalah candi Mangening, er artinya air bahasa daerahnya yeh, sedangkan wka artinya anak atau cening, sehingga menjadi yeh cening, lama-lama berubah menjadi Yeh Mangening adalah candi Raja Udayana yang berasal dari abad ke 10 Masehi.


c.       Sumber Air
Candi Yeh Mangening ini dibangun pada lembah sungai Pakerisan yang memiliki sumber mata air paling banyak diantara situs-situs lainnya. Sumber-sumber mata air ini disucikan oleh masyarakat sehingga disebut tirtha. Semua sumber mata air suci di Candi Yeh Mangening ini ditampung pada kolam suci, selanjutnya airnya dialirkan melalui pancoran-pancoran yang ada pada setiap kolam suci. Air suci yang dialirkan melalui pancoran tersebut digunakan dalam upacara ritual agama Hindu. Adapun sumber-sumber mata air yang disucikan dan digunakan sebagai tirtha adalah sebagai berikut.
1.      Tirtha Kamaning
2.      Tirtha Keris
3.      Tirtha Keben
4.      Tirtha Dedari
5.      Tirtha Angsoka
6.      Tirtha Melela
7.      Tirtha Sudamala
8.      Tirtha Arum
9.      Tirtha Merta Sari
10.  Tirtha Telaga Waja
11.  Tirtha Pengelebur Dasa Mala

Luapan sumber-sumber mata air ini ditampung pada kolam (sumur) serapan yang selanjutnya dialirkan melalui selokan menuju ke sungai Pakerisan yang dimanfaatkan untuk mengairi persawahan di Desa Tampaksiring, Pejeng, Bedulu, dan sekitarnya.
 
d.      Vegetasi
Jenis-jenis vegetasi yang ditanam di sekitar situs yaitu : beringin, pole, delima, kemiri, pangi, kelapa, enau, bambu, tehep, nangka, majagau. Pohon yang dikeramatkan adalah pohon beringin dan dibawahnya terdapat sumber mata air, oleh masyarakat disebut Tirtha Kamaning dan Keris. Di tempat sumber mata air ini dibangun pelinggih Dewi Gangga. Mengenai pepohonan yang ada di sekitar situs tidak diperkenankan menebang atau mencari sembarangan karena dilindungi oleh aturan adat, bagi masyarakat yang melanggar dikenakan sangsi adat berupa upacara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar